History Education: JENIS-JENIS SEJARAH




HISTORY EDUCATION



Tuesday 5 November 2013

JENIS-JENIS SEJARAH

  1. Jenis-jenis Sejarah

Sejarah dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain berdasarkan geografis, lingkup waktu (zaman), tema dan wilayah kajian. Sejarah berdasarkan geografis, antara lain sejarah local, sejarah nasional, dan sejarah dunia. Sejarah berdasarkan lingku waktu atau zaman, antara lain sejarah zaman klasik, sejarah zaman zaman pertengahan, sejarah zaman modern, dan sejarah kontempores. Sejarah berdasarkan tema, antara lain sejarah politik, sejarah sosial, sejarah ekonomi, sejarah kebudayaan, sejarah mentalias, sejarah pendidikan, dan sejarah inelektual. Sejarah berdasarkan wilayah kajian, antar alain sejarah Asia Tenggara , Sejarah Amerika, Sejarah Ausralia, dan Sejarah Afrika.
            Berikut ini penjelasan dari beberapa jenis sejarah tersebut :
1.    Sejarah Dunia
Sejarah dunia adalah sejarah yang mempelajari peristiwa masa lampau dunia. Perisiwa yang dipelajari tersebut berpengaruh terhadap munculnya peristiwa sejarah yang lainnya. Pada umumnya, peristiwa tersebut  berkaitan satu sama lain. Contoh peristiwa Revolusi Rusia 1917 berpengaruh terhadap munculnya Partai Komunis Indonesia pada abad ke-20. Contoh sejarah dunia adalah tulisan Henry S. Lucas yang berjudul A Short History of Civilization.
2.    Sejarah Nasional
Sejarah nasionala dalah sejarah yang membahas tentang perjalanan sejarah suatu bangsa. Misalnya, sejarah nasional Indonesia sejak zaman Praaksara sampai sekarang yang menyangkut berbagai aspek kehidupan. Salah satu contoh karya sejarah nasional Indonesia adalah Sejarah Nasional Indonesia I-VI karya Marwati Djoened Poesponegoro dan Nugroho Notosuanto, menjadi Indonesia Karya Parakitri T. Simbolon, dan Sejarah Pergerakan Nasional : dari Budi Utomo sampai Proklamasi 1908 – 1945 karya Suhartono.
3.    Sejarah Lokal
Sejarah lokal adalah peristiwa yang terjadi pada masa lampau di suatu daerah di Negara tertentu. Contoh sejarah local adalah tulisan Bambang Suwondo, dkk, yang berjudul Sejarah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Sejarah Kebangkitan Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta, serta karya Mardanas Safwan yang berjudul Sejarah Kebangkitan Nasional Daerah.
4.    Sejarah Sosial
Sejarah sosial adalah sejarah yang membahas kehidupan sosial masyarakat. Misalnya, kedudukan wania dalam kehidupan masyarakat dan statifikasi sosial masyarakat Indonesia pada masa colonial Belanda. Sejarah sosial belum lama berkembang di Indonesia. Berkembangnya sejarah sosial di Indonesia dimulai tahun 1960-an melalui karya Prof. Sartono Kartodirjo yang berjudul Thje  Peasants’s Revolt of Banten in 1888, Its Conditions, Corse, and Sequel. (Pemebrontakan Petani Banten Tahun 1888). Sejarah sosial mempunyai lingkup penelitian yang sangat luas dan ebraneka ragam. Sejarah sosial juga mempunyai hubungan yang erat dengan sejarah ekonomi sehingga bisa digolongkan menjadi sejarah sosial ekonomi.

5.    Sejarah Ekonomi
Sejarah ekonomi adalah sejarah yang membahas kehidupan ekonomi masyarakat. Munculnya sejarah ekonomi dilatarbelakangi oleh makin dominannya sejarah politik yang hanya membahas orang-orang besar dan peristiwa-peristiwa besar



6.    Sejarah Mentalitas
Sejarah mentaltas adalahs ejarah yang mengkaji aspek kepercayaan dan sikap-sikap manusia pada masa lalu. Bidang kajians ejarah mentalitas adalah ide, ideologi, mitos, sikap , watak, orientasi nilai, dan struktur kesadaran mentalitas adalah ilmu psikologi. Sumber sejarah menalitas, antara lain cerita rakyat ‘9folklore), kepercayaan rakya (folkbelief), lagu rakyat (folksong) lagu rakyat (folksong) dan tradisi lisan (oral radition) yang berkembang di suatu masyarakat, contoh karya sejarah mentalitas adalah tulisan kuntowijoyo yang berjudul Raja, Priyayi dan Kawula

7.    Sejarah Pendidikan
Sejarah pendidikan adalah sejarah yang mempelajari tradisi pemikiran para pemikir besar pendidikan, traidsi nasional, system  pendidikan, hubungan penddikan dengan eprubahan sosial keagamaan, ilmu pengetahuan, ekonomi, serta gerakan sosial. Sejarha pendidikan erat kaitannya dengan sejarah intelektual dan sejarah sosial. Contoh karya sejarah pendidikan adalah tulisan van der wal yang berjudul pendidikan di Indonesia 1900-1940. S. Nasution yang berjudul sejarah pendidikan Indonesia, dan tulisan I.J. Brugmans yang berjudul Geschiedenis van het Onderwijs in Nederlandsch-Indie 1900-1942
8.    Sejarah Intelektual
Sejarah intelektual merupakan satu cabang dan jenis disiplin baru dalam sejarah. Sejarah intelektual baru mulai dikenald an dikuliahkan sejakd ekade pertama abad ke-20 di Amerika Serikat. Sejarah intelektual memiliki bermacam-macam istilah di tiap Negara. Di Inggris dan Amerika Serikat dikenal dengan istilah history of ideas, intellectual history, dan history of mind; di Jerman dikenal dengan istilah geistesgeschichte dan ideengeschichter; di Prancis dikenal dengan istilah historie de la pensee, di Italia dikenal dengan istilah storia intellectualia.
Pokok masalah atau substansis ejarah intelektual dalam arti luas adalah keseluruhan dokumen, laporan, warisan, dan rekaman yang merepresentasikan atau merupakan hasil karya atau kreasi pikiran dan pemikiran manusia (human mind dan human intellect). Pola pikir manusia etrsebut dianggap memiliki pengaruh yang kuat terhadap perjalanan dan perubahan sejarah manusia. Misalnya, pemikiran Karl Marx melahirkan ideology komunis yang sangat berpenagruh etrhadap sejarah konempores dunia. Tema-tema yang dipelajari dealam sejarah intelektual dapat berupa filsafat, ide-ide, politik,s astra, ideology, gagasan baru, ilmu pengetahuan, dan kesenian.

Contoh karya sejarah intelektual, antara lain tulisan Diane Collinson (Lima Puluh Filosof Dunia yang menggerakkan). Robert B. Downs (Buku-Buku Pengubah Sejarah), Michael Foucault (Menggugat Sejarah Ide), dan Jostein Garder (Dunia Sophie).

1 comments:

  1. thanks :) tetap stay tuned aj dsni,,tggu artikel saya selanjutnya..

    ReplyDelete

 
COPYRIGHTED © NEENA NARENDRA DAFFA | RENNAFA.BLOGSPOT.COM | 2013 ALL RIGHTS RESERVED